Minggu, 27 November 2011

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR

persamaan antara HAK dan DERAJAT dalam masyarakat indonesia 
pengertian hak  itu sendiri menurut kamus bahasa indonesia memiliki pengertian tentang sesuatu hal yang benar, milik, kepunyaan, kewenangan, kekuasaan untuk berbuat sesuatu (karena telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dsb), kekuasaan yg benar atas sesuatu atau untuk menuntut sesuatu, derajat atau martabat. Sedangkan derajat sendiri memiliki pengertian  sekalian orang yang dilahirkan memiliki martabat dan hak yang sama. Di Indonesia sendiri antara hak dan derajat itu jauh berbeda. contoh seorang buruh dan seorang pengusaha yang sama sama bekerja membangun suatu proyek tetapi pekerjaan seorang buruh dipandang sebelah mata padahal kalau tidak ada buruh mana mungkin suatu proyek akan berhasil tetapi seorang pengusaha yang hanya memerintah dipandang tinggi karena jabatannya padahal seorang buruh itu sendiri juga memiliki hak yang sama dengan seorang pengusaha sama sama mencari uang mungkin masyarakat menilainya karena berbeda derajatnya.
HAK dan DERAJAT itu sama namun hanya sedikit orang yang paham akan persamaan  tersebut. karena hak dan derajat itu sama-sama MILIK, menuntut sesuatu dan memiliki martabat yang sama.
ada beberapa faktor yang membedakan antara hak dan derajat :
1. Faktor kekayaan
sebagai ukuran orientasi kekayaan seseorang kepada harta benda yang dimiliki.
2. Faktor kekuasaan
barang siapa yang memiliki kekuasaan atau wewenang maka dialah yang berkuasa atau termasuk kedalam kelas atas.
3. Faktor kehormatan
barang siapa yang menduduki kelas atas maka kelas bawah akan tunduk atau hormat kepada kelas atas tersebut. kejadian tersebut bisa dilihat dimasyarakat tradisional.
4. Faktor Ilmu Pengetahuan
dalam hal ini ilmu pengetahuan menjadi ukuran utama sebagai timbangan dikalangan masyarakat.
JADI, di masyarakat indonesia ini persamaan antara HAK dan DERAJAT sudah tidak terpengaruh dikarenakan mereka lebih memandang derajat kelas atas dibandingkan kelas bawah padahal kelas atas maupun kelas bawah sama-sama memiliki hak yang sama.jadi intinya di masyarakat indonesia itu yang KAYA MAKIN KAYA yang MISKIN MAKIN MISKIN  hhohoho :D
SEKIAN dan TERIMA KASIH

SUMBER:
http://kadalsuharni.blog.com/2011/07/15/pengertian-pelapisan-social-persamaan-derajat-diskriminasi-dan-pemerataan-social/
id.wikipedia.org/wiki/Hak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar