Senin, 18 Juni 2012

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR

Manusia dan Keindahan

Keindahan adalah bagian dari budaya dan merupakan sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Selain mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial dan budaya. Sebuah "Kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya. 



Pengungkapan keindahan dalam karya seni didasari oleh motivasi tertentu dan dengan tujuan tertentu pula. Motivasi itu dapat berupa pengalaman atau kenyataan mengenai penderitaan hidup manusia, mengenai kemerosotan moral, mengenai perubahan nilai-nilai dalam masyarakat, mengenai keangungan Tuhan, dan banyak lagi lainnya. Tujuannya tentu saja dilihat dari segi nilai kehidupan manusia, martabat manusia, kegunaan bagi manusia secara kodrati.
Ada beberapa alasan manusia menciptakan keindahan, yaitu sebagai berikut: 


1)     Tata nilai yang telah usang
Tata nilai yang terjelma dalam adat istiadat ada yang sudah tidak sesuai lagi dengan keadaan, sehingga dirasakan sebagai hambatan yang merugikan dan mengorbankan nilai-nilai kemanusiaan, misalnya kawin paksa,pingitan,derajat wanita lebih rendah dari derajat laki-laki.Tata nilai semacam ini dipandang sebagai menguragi nilai moral kehidupan masyarakat, sehingga dikatakan tidak indah. Yang tidak indah harus disingkirkan dan digantikan dengan yang indah.


2)     Kemerosotan Zaman
Keadaan yang merendahkan derajat dan nilai kemanusiaan ditandai dengan kemerosotan moral.Kemerosotan moral dapat diketahui dari tingkah laku dan perbuatan manusia yang bejad atau kurang baik terutama dari segi kebutuhan seksual. Kebutuhan seksual ini dipenuhinya tanpa menghiraukan ketentuan-ketentuan hukum agama, dan moral masyarakat. Yang demikian itu dikatakan tidak baik, yang tidak baik itu tidak indah. Yang tidak indah itu harus disingkirkan melalui protes yang antara lain diungkapkan dalam karya seni.




Demikian artikel tentang manusia dan keindahan. Manusia dan keindahan itu saling berhubungan dikarenakan jika tidak adanya keindahan pasti kehidupan tidak akan indah dan hanya ada yang jelek-jelek saja.


Sumber : 
http://carapedia.com/pengertian_definisi_kesenian_menurut_para_ahli_info491.html
http://triajiwantoro.blogspot.com/2012/04/manusia-dan-keindahan.html
http://saddamhuseinritonga.blogspot.com/2012/04/manusia-dan-keindahan.html







Tidak ada komentar:

Posting Komentar