Kamis, 27 Oktober 2011

ILMU SOSIAL DASAR

PENGARUH PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL di INDONESIA
Pertumbuhan penduduk Indonesia yang semakin hari menunjukkan perkembangan yang pesat telah melahirkan berbagai macam persoalan di Negara indonesia. Permasalahan kependudukan yang perlu mendapat perhatian adalah jumlah penduduk yang besar dengan tingkat pertumbuhan yang masih relatif tinggi dan persebarannya yang tidak merata, dan kualitasnya masih relatif rendah. Timpangnya persebaran dan kurang terarahnya  mobilitas penduduk terkait erat dengan tidak seimbangnya persebaran sumber daya hasil pembangunan antarwilayah. Munculnya berbagai konflik antaretnik, antaragama dan berbagai masalah pengungsian juga telah menimbulkan potensi kerawanan yang menambah permasalahan di dalam mengatasi penataan persebaran penduduk. Selain itu, kualitas dan cakupan data penduduk hasil registrasi masih belum memadai, sehingga berpengaruh kepada mutu perencanaan dan kebijakan pembangunan kependudukan.
Kepadatan penduduk erat kaitannya dengan kemampuan wilayah dalam mendukung kehidupan penduduknya. Daya dukung lingkungan dari berbagai daerah di indonesia tidak sama. Daya dukung lingkungan di pulau Jawa lebih tinggi dibandingkan dengan di pulau-pulau lain, sehingga setiap satuan luas di pulau jawa dapat mendukung kehidupan yang lebih tinggi dibandingkan dengan, misalnya, di Kalimantan, Papua, Sulawesi, dan Sumatera. Sesuai dengan asas pemerataan yang ditetapkan sebagai kebijakan umum, pemerintah mempunyai kebijakan umum dibidang sosial yaitu dilakukan kebijaksanaan kependudukan untuk mewujudkan keluarga kecil yang sehat dan sejahtera atau keluarga kecil bahagia.

Pengendalian peledakan penduduk sebagai berikut :
Ø  Insentif dan sanksi
Insentif akan diberikan pada pasangan dengan sedikit anak. Sementara, pasangan yang memiliki banyak anak akan diberi sanksi. Misalnya harus membayar pajak lebih besar.
Ø  Pendidikan tentang keluarga berencana
Di indonesia, pengendalian laju pertumbuhan penduduk juga dilakukan dengan kampanye program keluaga berencana.nprogram ini mengajarkan kepada pasangan suami istri untuk memiliki dua anak saja.
Tanggapan :
Menurut saya pemerintah Indonesia harus bisa mengatur dan menyeimbangkan pemerataan kependudukan dari kualitasnya yang masih relatif rendah maupun tinggi. Kalau kualitas penduduknya masih relatif rendah pemerintah harus mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas penduduknya, sehingga segala macam konflik yang terjadi dapat di minimasir.
 SUMBER : buku geografi penerbit erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar