Minggu, 16 Juni 2013

Tugas Teori Organisasi Umum 2

Struktur Pasar

BAB I Pendahuluan
Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:
·         Pasar persaingan sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
·         Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
·         Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
·         Pasar oligopoli: Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
·         Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
·         Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
·         Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
·         Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.

BAB II Pembahasan
  1. Pengertian pasar
Dalam arti sempit             : pasar tempat dimana pada umumnya brang dan jasa diperjualbelikan
Dalam arti luas                   : proses dimana pembeli dan penjual saling berinteraksi untuk menentukan atau menetapkan haarga keseimbangan/harga pasar.
  1. Syarat pasar
a.       Terdapat penjual dan pembeli
b.      Tersedia barang dan jasa yang akan diperjualbelikan
c.       Terajadinya transaksi antara pembeli dan penjual melalui proses tawar menawar
d.      Tersedianya media untuk interaksi antara penjual dan pembeli
  1.  Fungsi pasar
a.       Fungsi distribusi
b.      Fungsi pembentukan harga
c.       Fungsi promosi
  1. Unsur-unsur pasar
a.       Konsumen
b.      Produsen
c.       Pembangunan
d.      Sumber daya manusia
  1. Bentuk-bentuk pasar

Bentuk pasar atau struktur pasar adalah berbagai hal yang mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar.

A.      PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah produsen dan konsumen dangat banyak. Merupakan struktur pasar yang paling ideal.
Cirri-ciri :
1)      Terdapat banyak penjual dan pembeli
2)      Barang yang diperjualbelikan homogeny
3)      Setiap perusahaan bebas keluar masuk
4)      Pembeli mengethui kondisi pasar
5)      Factor produksi bebas keluar masuk pasar
6)      Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar
7)      Tidak ada campur tangan pemerintah
Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna.
Kebaikan
Keburukan
      1.       Tidak ada iklan
      2.       Tidak tampak kegiatan saling menyaingi antarpenjual 
      3.       Adanya satu harga
      4.       Kepuasan konsumen maksimal karena bebas menentukan pilihan
      5.       Keuntungna produsen maksimal
      6.       Produksi barang denga biaya minimal
      1.       Tidak ada pilihan bagi konsumen untuk memilih karena semua brang sama dan sejenis
      2.       Harga tidak bias ditawar lagi
      3.       Perusahaan tidak punya anggran untuk mengadakan penelitian.

B.      PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
Adalah pasar dimana jumlah pembeli dan penjual tidak sebanding.
Ada kemungkinan dikuasai olehh satu penjual atau beberapa penjual sedangkan pembeli satu atau beberapa pembeli.
1)      Pasar monopoli : hanya ada satu penjual yang menguasai perdagangan sehingga penjual dapat menentukan harga dan mencari keuntungan sebanyak mungkin.
Cirri utama pasar monopoli :
a)       tertutupnya pintu masuk ke pasar
b)      Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli
c)       Tidak ada perusahaan lain yang bias membuat barang substitusi yang ssempurna
d)      Rintangan cukup kuat untuk masuk ke pasar
e)      Pembeli tidak punya barang untuk memilih barang
f)       Keuntunga hanya untuk satu penjual
g)      Harga ditentukan pleh perusahaan
Kebaikan dan keburukan pasar monopoli :
Kebaikan
Keburukan
       1.       Menghindari produk tiruan dan persaingan yang tidak sehat
       2.       Terjaganya kesinambungan stabilitas perusahaan
       3.       Mendorong penggunaan mesin dg tingkat teknologi tinggi
       4.       Mendorong peningkatan kinerja departemen penelitian dan pengembangan
     1.       Penyalahgunaan kekuaan ekonomi
     2.       Adanya pelecehan terhadap posisi pembeli
     3.       Adanya kesenjangan dalam pembagian pendapatan
     4.       Tidak ada persaingan
     5.       Mengurangi kesejahteraan konsumen
Oleh karena pasar monopoli hanya da ssatu penjual, maka pemerintah perlu camputangan dalam mengendalikan dampak negatifnya, antara lain :
a.       Mencegah monopoli itu sendiri
b.      Membrikan ijin kepada perusahaan baru
c.       Menambah penawaran barang dalam negeri dengan impor
d.      Pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi (HET)

2)      Pasar oligopoly : hanya terdapat beberapa produsen atau sedikit perusahaan saja yang menjual produk yang identik atau mirip satu sama lain dengan banyak pembeli.
Cirri-ciri :
a)      Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak
b)      Terdapat beberapa produsen yang menguasai pasar
c)       Terdapat halangan kuat untuk masuk pasar
d)      Kekuasaaan menentukan harga adakalanya kuat dan ada kalanya lemah
e)      Satu diantara oligopolis adalah market leader yaitu penjual yg memiliki pangsa pasar yg terbesar
Kebaikan dan keburukan pasar oligopoly :
Kebaikan
Keburukan
      1.       Terdapat sedikit penjual karena dibutuhkan      investasi besar untuk masuk pasar
      2.       Jumlah penjual sedikit membuat penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
      3.       Bila terjadi perang harga, konsumen aklan diuntungkan
      1.       Terdapat rintangan yg kuat untuk masuk pasar
      2.       Akan terjadi perang harga
      3.       Produsen jika melakukan kerjasama akan merugikan konsumen


3)      Pasar monopolistik : bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menjual produk yang kurang lebih sama tetapi dengan berbagai macam variasi
Cirri-ciri :
a)      Terdapat banyak penjual
b)      Terdapat diferensiasi produk
c)       Penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
d)      Terdapat persaingan yg ketat dalam kuantitas dan iklan
Kebaikan dan keburukan
Kebaikan
Keburukan
       1.       Tdp banyak penjual sehingga konsumen memiliki pilihan
       2.       Bebas keluar masuk pasar akan mendoirong produsen berkompetsi sehat
       3.       Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yg diinginkan
       4.       Pasar yg mudah dijumpai
      1.       Memiliki tingkat persaingan yg tinggi
      2.       Untuk masukpasar tetap butuh modal yang besar
      3.       Mendorong produsen mengdakan inovasi produksi

BAB III Penutup 
Walaupun perusahaan monopoli menetapkan harga tinggi, jumlah produksi lebih rendah, dan keuntungan lebih besar daripada di dalam pasar persaingan sempurna tetapi pemerintah disamping memberikan hak eksklusif, perintah juga akan menetapkan harga/ tarif penjualan dari barang atau jasa yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Dengan cara inilah kepentingan konsumen dapat dilindungi, yaitu para konsumen dapat membeli barang yang dihasilkan perusahaan monopoli pada tingkat harga yang relatif rendah. Penentuan harga dilakukan dan dikuasai oleh perusahaan, maka perusahaan monopoli disebut sebagai perusahaan penentu harga (price setter).

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar